Ternyata Ikan Bisa Kentut



Buang gas merupakan salah satu bagian dari proses pencernaan manusia. Tak disangka, ikan juga melakukan hal sama namun dengan tujuan berbeda. Apa itu?

Beberapa jenis ikan herring memiliki metode unik dalam berkomunikasi. Ikan-ikan ini membuang gas untuk berkomunikasi. Saat ikan buang gas, gelembung yang dihasilkan akan menciptakan suara berfrekuensi tinggi yang hanya bisa didengar herring.

Ikan ini menggunakan suara tersebut untuk membentuk 'kawanan protektif' di malam hari guna membantu mereka tetap aman. Peneliti mengatakan, herring hanya berisik saat malam dan hal ini menunjukkan, suara membuat ikan mampu mencari lokasi temannya saat visibilitas rendah.

Tak seperti kentut biasa, gas dari ikan ini bukan berasal dari proses pencernaan. Pada ikan, udara 'dimakan' dari permukaan dan mengeluarkannya di lubang kecil dekat anus ikan. Karenanya, kentut pada ikan lebih pada definisi teknis.

Peneliti Bob Batty, Ben Wilson dan Larry Dill menjadi ilmuwan yang menemukan hal ini dan menamakan fenomena ini 'Fast Repititve Tick'. Temuan ini bahkan mendapat Hadiah Nobel karena dianggap bermanfaat, seperti dikutip science. Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Juara Berita • Design by Dzignine