Bis Berbahan Bakar Kotoran Manusia 'Makin Canggih Aja'

 
Harap stop membaca artikel ini bila anda sedang makan.
Tahukah anda bahwa dalam satu tahun, kotoran manusia yang dihasilkan setiap orang sama selama 1 tahun dapat menghasilkan 2,1 galon (8 liter) BBM, dalam hal ini gas metan (methane gas)?

Mungkin jumlah tersebut tidak terlalu besar bahkan boleh dibilang sangat kecil untuk memenuhi kebutuhan BBM mobil anda saja tetapi bagaimana kalau semuanya dikumpulkan? Maksud kami semua kotoran manusia dalam 1 kota dikumpulkan??

Dengan asumsi seperti inilah, pemerintah di Oslo, Norwegia memutuskan untuk menggunakan bis dengan bahan bakar dari kotoran manusia tersebut?

Dengan jumlah penduduk di Oslo sebanyak 250.000 orang maka bila dikalikan dengan 2,1 galon BBM tersebut, hasilnya adalah semuanya itu bisa memenuhi kebutuhan 80 bis dengan jarak tempuh masing-masing bis sejauh 100 km.

Mungkin masih belum cukup tapi hitung saja penghematan BBM yang bisa dilakukan dalam satu tahun dan juga masalah pencemaran lingkungan yang bisa dikurangi. Tapi memang sih sedikit "jijik" bila membayangkan bagaimana bis tersebut bisa berjalan.


Sumber: http://www.forumkami.com/forum/cafe/7737-bus-berbahan-bakar-kotoran-manusia.html

Nugum 03 Sep, 2011

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Juara Berita • Design by Dzignine